Rabu, 08 September 2010

BERKENALAN dengan STEMPEL


Hari itu aku disuruh masuk, tapi masih belum dihitung kerja… yah… pengenalan dulu lah… apa yang akan aku kerjakan nanti…
Kemudian aku diajak ke cabang tempatku bekerja… di sana aku diajari bagaimana cara mendesign stempel yang juga akan menjadi pekerjaanku nanti…

Akh… tidak terlalu sulitlah… paling kesulitannya cuman kerena aku sudah agak lama tidak pegang komputer saja… jadi agak kaku lagi… tapi seiring berjalannya waktu jadi lancar lagi… Alhamdulillah…
intinya setempel tersebut di design dulu bentuknya... sesuaikan ukurannya (terlebih pada stempel jenis flas yang memiliki ukuran tersendiri pada gagangnya)... kemudian dicetak menjadi klise yang nantinya akan membentuk karet stempel tersebut…


stempelnya ada dua jenis… stempel laser dan flas… stempel laser yaitu stempel biasa yang menggunakan bantalan tintah… sedang yang stempel flas yaitu stempel yang sudah ada tintah di dalam karetnya, dan bisa dibuat 2 atau 3 warna…
pada tahap designnya menggunakan corel draw… perbedaannya adalah pada saat akan mencetak klisenya… untuk stempel laser klisenya dibuat negatif yang diprint pada plastik mika (merek yasicha)… sedang untuk stempel flas tidak dibuat negatif yang diprint pada kertas kalkir (tracing paper merek diamant)…
selanjutnya diserahkan pada bagian pembuat… hehehe… karena aku cuman bagian design saja… v ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar